Ground Breaking, Tandai Pembangunan Monumen Reog

Gubernur Jawa Timur  Khofifah Indar Parawansa melakukan Ground Breaking atau peletakan batu pertama pembangunan Monumen Reog Ponorogo (MRP) di Desa Sampung, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo, Sabtu 11 Maret 2023. Seremoni peresmian ditandai dengan membunyikan sirine tanda dimulainya pembangunan di titik lokasi pendirian monumen yang diproyeksikan memiliki ketinggian 126 meter tersebut. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, Wakil Bupati Ponorogo Lisdiyarita, Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Cipta Karya Jawa Timur I Nyoman Gunadi.

Dalam sambutannya, Khofifah menyampaikan dengan adanya monumen dan museum peradaban akan menjadi kekuatan baru bagi warga Ponorogo yang sudah begitu kuat komitmennya melestarikan budaya Reog. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim akan mengupayakan pembangunan MRP menjadi proyek prioritas sehingga masuk naungan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 80 Tahun 2019. Perpres itu mengatur percepatan pembangunan ekonomi kawasan sejumlah wilayah di Jatim bersama proyek Selingkar Wilis dan Jalur Lingkar Selatan (JLS).

‘’Syaratnya Pak Bupati harus presentasi ke Bappenas dan Menko Perekonomian untuk di-insert ke dalam perpres tersebut,’’ ungkap Khofifah.

Sementara itu, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menyampaikan, selain letak yang sangat strategis, proyek yang membuka gerbang Pariwisata di barat laut Bumi Reog tersebut bisa terintegrasi dengan wisata di Kabupaten Magetan. Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengungkapkan bahwa MRP adalah mimpi besarnya membangun peradaban. Kesenian Reog Ponorogo bukan hanya menjadi tuntunan dan tontonan semata, melainkan mampu mendatangkan keberkahan bagi masyarakat.

Sumber : ponorogo.go.id

Ground Breaking, Tandai Pembangunan Monumen Reog

Bagikan dengan teman